MEMBACA,MENAMBAH WAWASAN____MENULIS,MEMPERTAJAM ANALISA___DISKUSI,MEMBUKA CAKRAWALA

Rabu, 16 November 2011

Konformitas; Sebuah Permainan Mind-Set Kolektif


lagi seru-seruan di twitter tiba2 ja ada yang reques tulisan untuk anak se-usia smu. ya.. bisa di bilang  nana lovers mungkin haaaa..  pasalnya  waktu gw PPL doeloe.... gw sempet dapet kado gitu... bungkusnya warna pink, ada surat warna pink dan sesuatu yang unik warna pink pula..... astaga.... padahal waktu itu warna pink adalah warna yang nggk bgttttttttt bgt gw. di depan banyak orang, kado pink itu dibawa oleh seorang lelaki... dgn gagahnya dia kasi kado ntuh bwt gw...

lelaki   :  "na.... bwt kamu"  (ngasi sambil jongkok, layaknya pangeran ngasi bunga ke putri)
              owww sontak temen2 pada rame..dgn lirihnya si lelaki tanya ke gw..
              "jujur na...... lu normalkan??"
nana   :  what??????? (pikiran gw kemana-mana... alamat dikerjain neh).
lelaki  : "spesial buat kamu na... " sambil lirikan mata genit.. gemuruh suara temen2... buka, buka...
            cieeeeee..
nana  : makasih cinta.....sambil mata melotot (kepalang basah..... ancurrrr sekalian)
lelaki : jujur na...... aku kagum sama kamu, biasanya yang ngefens sama perempuan tuh para lelaki.
          tapi kamu tuh beda... baru 2 hari yang lalu, temen kampusku bilang... dia kagum sama kamu,
          minta dikenalin  sama kamu..., pastinya perempuan..... dan sekarang kado cantik ini pun dari
           perempuan (murid PPL) juga sambil ngakakk....

setelah semua puasss  ngetawain gw..... ujung-ujungnya keluar juga kata-kata..... kok lu doang sih na.... yang dapet kado dari anak-anak... fiuuhhh....
jujur.. kado itu apresiasi yang lebih bwt gw... (apresiasi bagi seorang pendidik) aroma ketulusan dari kado cantik itu sangat tercium dan jauh dari kata kamuflase. dan hingga saat ini benda pink itu ada di pojok kamar gw.... ya..... satu satunya benda warna pink yang nongkrong di kamar tercinta. trimakasih sayangg... nampaknya  mulai terbuka dgn warna pink.... haaaaa.... okey.... meluncur

hmmmmm....tulisan untuk anak se-usia SMU ???  spontan gw lirik stand-up komedi ala raditya dika. http://radityadika.com/page/3/. bang dika si kambing jantan dalam stand-up komedinya sempet ngebahas yang namanya generasi alay..  dengan gaya konyolnya si dika bilang:  alay adalah proses menuju kedewasaan.. jadi.. tahap perkembangan manusia tuh : lahir-bayi-balita-remaja-alay-dewasa...
http://www.youtube.com/watch?v=3q1XqPz7qZ8&feature=related wkwwkkwkk ngaco bener neh si abang. tapi abis gw liat konyolan si abang, gw jadi mikir..... teori psikologi perkembangan manusia yang gw pelajari bertahun-tahun bisakah menjelaskan tentang generasi alay?? haaa..... lamah-lamah guweh jugah yang alay..... nah lo???. Sebenernya apa sih  generasi alay? ha..... klo ngemeng ciri2 alay..... lu orang pada searching di google bejibun dah.... noh salah satunya
http://tomyrambozha.great-forum.com/t194-ciri-ciri-anak-alay
cara ngomong :eloh..... guweh... kagamugu cagantigig
acara pakaian: celana pensil, rambut jigrak di cat yang begitu -begitu dah.....
aneh nya ni virus gampang banget nyebar ke sebuah komunitas anak muda. mereka nggk mikir.. baik apa nggk, sopan apa nggk, yg diajak bicara paham apa nggk. yang penting....temen sekelompoknya bilang keren.... keren waelah. gaul man..... ha..kadang gaul sama gagap beda tipisssss.

usia remaja menjelang dewasa awal secara teori merupakan usia pencarian jati diri... konon teorinya begitu, karena di usia itu secara psikologis masih sangat labil, sehingga emosi sangat mudah terpancing.  mudah marah, mudah bahagia, mudah terharu, mudah sedih.. hal ini berpengaruh pula pada tingkat kohesifitas pear group yang kental ( kelompok bermain yang solid; biasanya bwt semacam geng ). dalam sebuah pear group atau kelompok bermain akan sangat mudah menyeragamkan pemikiran dan perilaku, pasalnya....jika salah satu dari anggota kelompok memiliki gaya yang beda dari kelompoknya maka akan terjadi sebuah pengasingan. ah..... nggk gaul lu.... cupu... dll sehingga untuk tampil sedikit berbeda dengan pear groupnya sebagian dari mereka merasa takut.

contoh : kasus tawuran pelajar
kagak sedikit dah kisah tawuran pelajar di negara ini. bejibunnnnn... hanya berdasarkan label sekolah aja, mereka bisa nentuin ini kawan, ini lawan. kagak pandang bulu...... mana yang salah, mana yang bener. satu anggota tersakiti maka seluruh anggota kelompok maju..... serbu balik...tanpa ba-bi-bu.... serbuuuuu. apaan tuh negosiasi kagak kenall. hadeuhhh... nampaknya penghargaan terhadap diri sangatlah tinggi di generasi ini.

konformitas; suatu usaha mengubah keyakinan dan perilaku seseorang agar sesuai dengan perilaku orang lain (cialdini, 2004). Anggota dalam sebuah kelompok cenderung akan melakukan sebuah konformitas sebagai bentuk penyesuaian diri dalam komunitas, walaupun tanpa tau alasanya. nah ntuh dia....... masa-masa remaja ini cenderung melakukan konformitas bahkan tanpa perlu tau alasan sama sekali. maka mudah sekali terbentuk persamaan persepsi dan perilaku dalam sebuah kelompok bermain.

mereka terlalu terbawa dengan suguhan kebersamaan kelompok, terkadang tidak terpikirkan bahwa..... kelompok... bukan standarisasi kebenaran, pun dengan perkataan ketua geng, perkataan guru, perkataan orang tua... "janganlah lihat siapa yang menyampaikan akan tetapi lihatlah/ dengarlah apa yang disampaikan"

nggk ada yang salah dengan bersikap gaul... silahkannnn itu masa-masa kalian.... nikmati aja, asal tau tempat, tanpa merugikan pihak lain dan tidak melanggar norma. misalnya: klo nggk kenal twitter, blog dan facebook nggk gaul.... monggoooo.... toh itu media pembelajaran saja, asal penggunaan yang tepat kenapa tidak???? pake bahasa eloh, guweh, choyyyy..... monggooo... asal tau tempat. masa iya sama orang tua dan guru ngomongnya gitu. nggk sopan dunk... simpelkan???
kalau nggk punya pacar, nggk pernah cipokan,nggk free sex nggk gaulllll..... hellllowww!!!!!!  sebebas-bebasnya manusia tetep ada aturan maen.... manusia diciptakan oleh sang kholiq tentu ada aturan maen.
ada halal, ada haram, ada mubah ada makruh. ada akibat ada sebab dan sebagainya...."TUNJUKIN GAYA LOE..... DENGAN CARA YANG ELEGAN, BUKAN AROGAN"
maka pilihlah komunitasmu...... pilih kelompok bermain yang bisa membawa ke perbaikan dari hari ke hari.

12 komentar:

  1. nahhhh... tumben kata2 elloohh mudah d pahamin ama guweehhh....
    kata2 anehx cuma dikit...
    hahahahaaaa....
    piiizzzzz...
    :p
    *teruss berkarya*
    nicee..

    BalasHapus
  2. waduh sapa neh...??? pake nama sih... saia kan te bisa teu sapa kamyuu... iye dah... kamsiii-kamsiiii

    BalasHapus
  3. dunia anak muda juga kaya inspirasi, dibalik plus minusnya sebenarnya banyak hal yang bisa kita -yang pernah (atau bahkan melewatkan) masa muda- ambil pelajarannya.
    pencarian jati diri dimulai diusia remaja, usia2 anak2 alay dan Abg.
    setuju sama anonim diatas, baru kali ini ga banyak kata2 yunani kuno :p

    BalasHapus
  4. waduh.... sapa lage neh... pake nama sih... izinkan aku mengenal kalian he... itu tulisan permintaan anak SMU. jadi yaaa..... ku berusaha menyesuaikan bahasa gaul mereka. heeee.... wagu ngggk?

    BalasHapus
  5. wagu tapi perlu!
    "Scribo ergo sum" terus berkarya!
    Ane tunggu karya2 selanjutnya.

    BalasHapus
  6. hmbt... aQ tunggu karya gaul lain'na mb Nana...

    BalasHapus
  7. anonim kabehh... hohoho.. sopo maning iki?? wagu?heee... maap perdana dan baru belajar, mohon masukanya. makasih bwt semua...:)

    BalasHapus
  8. Nyoooo...ra anonim...hahah
    Akhirnya, ada jg tulisan yang bisa Qpahami...
    Aq tll bodo po tulizane telalu duwur yak??

    BalasHapus
  9. haaaa... nah... klo kaya gini kan saia bisa sesuaikan gaya balasan koment wkwkkwkw. hhmm.... kau terlalu merendah.... anak muda ups... maksudku "merendah untuk meninggi" haaaa :P

    BalasHapus
  10. bahasane terlalu cengeng...
    picisan banget.
    tapi asyik, melihat dirimu mencoba menjadi seorang yang permisif..
    walaupun sedikit saja kurasa.

    BalasHapus
  11. sudah ku bilang brp kali bang.... hardware ku 50% logika 50% rasa ---> profil sensing akan mampu menyelami dan tertarik di kedua sektor itu. so... bersabarlah jika rasaku yg dominan pada artikel ini wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  12. cuma ini yang bisa aku baca, yang lain bikin capek,,

    BalasHapus