Narasi BlogSpot

MEMBACA,MENAMBAH WAWASAN____MENULIS,MEMPERTAJAM ANALISA___DISKUSI,MEMBUKA CAKRAWALA

Senin, 29 November 2010

maksimalkan potensi anak dengan dolanan tradisional

Dolanan bagi anak sangatlah penting bahkan bisa dikatakan primer. Pada masa anak adalah masa pengenalan berbagai hal yang sangat baru mereka jumpai. Proses pembelajaran pada masa anak akan sangat efektif ketika rasa ingin tau yang mendalam  dipadukan dengan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. dengan demikian jargon yang dikeluarkan majalah bobo "bobo..teman bermain dan belajar" bertahun tahun lamamya tetep booming hingga saat ini. ataupun yang lain.. seperti "belajar sambil bermain"...  hal ini menunjukkan antara belajar dan bermain memiliki kohesifitas yang tinggi.

Melihat mainan anak saat ini para praktisi anak, para pendidik ataupun yang berkaitan pastilah prihatin. dengan dalih modern, mainan anak saat ini lebih pada permainan di dpn komputer seperti game bahkan tidak sedikit kita jumpai proses pembelajaran dari angka, warna juga didesign dengan CD Tutorial. sangatlah wajar jika mereka tumbuh dengan kerangka apatis ataupun krisis terhadap kepekaan sosial. tidak sedikit kita jumpai anak anak yang memilih bermain game/ playstation, berjam jam hingga tak kenal waktu.

Mari kita tamasya dengan  kendaraan sejarah untuk menengok kembali berbagai permainan tradisional anak bangsa yang begitu variatif.

dakon
permainan dengan dakon mengajari anak untuk tidak pelit dan mau berbagi, hal ini dapat dilihat ketika koin harus dibagikan pada seluruh kawah kosong baik milik kita sendiri ataupun miliki teman. diajarkan pula konsep menabung pada lumbung yang tersedia, bahkan dalam menabungpun tidak semua harta ditabung tapi ada sebagian yang menjadi milik orang lain.
secara implisit... melatih kepekaan afeksi  lakon.

jimpit jimpitan
sebuah mainan yang dilakukan dengan saling mencubit tangan teman.mengajarkan konsep sebab akibat. ini merupakan pelatihan logical sequence sejak dini, dengan demikian ketika dewasa ia akan dapat melihat segala permasalahan secara runtun, dan objektif .

permainan tangan
permainan tangan sangatlah bervariasi.. seperti tepuk silang, tangan dibalik  bahkan antara tepuk tangan kanan dan kiri berbeda juga dapat dilakukan.berbagai variasi tepuk seperti halnya di atas  tanpa kita sadari telah melatih keseimbangan otak kanan kiri sejak dini, yang nantinya akan dapat berdampak pada perkembangan kognisi yang luar biasa. saat ini begitu boomingnya konsep "aktivasi otak tengah" dengan pembiayaan yang cukup mahal untuk mendapatkan pelatihanya.tanpa disadari kita bisa lakukan dengan cara yang sederhana.

permainan petak umpet
pada permainan ini ... menuntut psikomotor anak. satu point lebih unggul dibanding mainan anak saat ini yang lebih memakan waktu untuk diam ditempat dalam durasi waktu yang tak singkat, ditambah lg dengan intensitas d dpn komputer.pada permainan petak umpet ini mengajarkan kepekaan, rasa tanggungjawab, sosialisasi, kebersamaa termasuk strategi... sangat komplit... afeksi, kognisi, psikomotor...

dengan artikel ini bukan sebuah harga mati bahwa mainan tradisional mainan terbaik anak bangsa akan tetapi semoga dapat membuka wacana bahwa dengan kemajuna teknologi yang berkembang ada beberapa sisi yang musti dikritisi. mainan hanyalah sebuah cara ataupun media  untuk merealisasikan sebuah visi misi pada titik tertentu.dan tentunya jangan terpatok pada cara saja... takutnya tujuan malah terkesampingkan.
marilah melihat segala sesuatu secara objektif dan tentunya komprehensif....

10 komentar:

  1. dapat inspirasi nulis... setelah ikut seminar dan workshop bersama kang zaini dari komunitas HONG.
    hatur nuhun kang.....

    BalasHapus
  2. kalo ada workshop penulisan lagi, kabar-kabari atu na...

    BalasHapus
  3. okey... kmrn tuh di psikologi mbak..
    yang ngadain temen2 pasca.

    BalasHapus
  4. ayo dolanan.. orang dewasa juga butuh dolanan... ^^

    BalasHapus
  5. maziya: dolanan trusssssssssss
    skripsi????? haaaaa
    (lancar dunk.... aminn)

    BalasHapus
  6. skripsine ga usah di garap ae..
    suk mben ae nek wis bosen dadi mahasiswa..
    haahaaa wkwkwk

    BalasHapus
  7. ya Allah segerakanlah kami bosan menjadi mahasiswa S1 .... dan izinkan kami keluar dengan khusnul khotimah heeee...
    SPdi, SPsi.... i love you.....

    BalasHapus
  8. tolong diberi pemaknaan untuk permainan :
    - gobag sodor
    - jamuran
    - nekeran (eh, judi ga ya)
    - engklek

    matur sembah tengkyu

    BalasHapus
  9. waduh.... untuk lebih akurat silahkan tanya langsung ke pakarnya.... kang zaini alif.... via FB mase.. beliau pernh muncul di kick andy.. ttg dolanan

    BalasHapus