Narasi BlogSpot

MEMBACA,MENAMBAH WAWASAN____MENULIS,MEMPERTAJAM ANALISA___DISKUSI,MEMBUKA CAKRAWALA

Minggu, 28 November 2010

diary Imaginasi

Imaginasi adalah daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan suatu gambaran tertentu . stimulus dapat berupa apapun seperti pengalaman subjektif, modeling, kisah orang lain bahkan terkadang bener2 unpredictable. imaginasi merupakan bentuk representasi eksistensi  sebuah kognisi.

sangat menyenangkan berkutat di dunia imaginasi... tanpa batas, bahkan ruang dan waktu, benar2 bebas.
disinilah area bebas norma, bebas hukum.kita sebagai pemilik imaginasi bebas menciptakan ataupun mendatangkan segala sesuatu. dipanggung imaginasi kita sendiri sebagai sutradara, kita sebagai produser, dan kita pula sebagai pemain.(ups...tetep terkait norma, Allah melarang imaginasi negatif so.... imaginasi yang positif lah yang perlu dikembangkan).

sebagian dari kita ada yang berpendapat "novel" yang merupakan hasil sebuah imaginasi adalah bacaan yang tidak penting, tidak berbobot atau apapun itu. bahkan ada juga yang berpendapat hanya buang waktu saja jika kita membaca novel. tanpa disadari disekeliling kita begitu  banyak benda nyata yang pada dasarnya mereka ada atas kontribusi sebuah imaginasi; seorang designer bisa menghasilkan berbagai produk seperti baju, rumah, perabot dll diawali dari dunia khayal. itu artinya imaginasi memiliki kontribusi yang sangat tinggi terhadap lahirnya sebuah kenyataan.

peradaban muncul dari visi yang sifatnya kolektif. visi tercipta salah satunya dari pemikiran tiap individu yang memiliki kesamaan konsep berfikir. sebuah pemikiran yang sistematis dapat berawal dari sebuah imaginasi.
itu artinya.... dimulai dari sebuah imaginasi individu dapat menciptakan peradaban baru. imaginasi individu dapat menjadi sebuah imaginasi kolektif jika dikomunikasikan. dan untuk mengkomunikasikan sebuah imaginasi tidak harus dengan verbal tapi juga bisa dengan cara apapun termasuk novel.

andrea hirata: "bermimpilah... karena tuhanmu akan memegang mimpi mimpimu"
mulailah berimaginasi...
dan catat apa yang kau inginkan.. dekap kuat, realisasikan... de'bucket list.
try to trust your imagination...

4 komentar:

  1. disaat para psikolog menyarankan untuk membiarkan imaginasi untuk berkembang, aku bilang: bantu aku tuk menghentikannya. "segala sesuatu yang berlebih itu nggak baik".so... biarkan imaginasi berkembang sesuai porsinya..

    BalasHapus
  2. bantu dije berimajinasi, mampu merenung, dan mengungkapkan hasil perenungan menjadi bahan 'kajian' sesama, sehingga wawasan menjadi meluas

    BalasHapus
  3. Oooo....ini blognya...
    Ketemu juga...Mbak kuliahe UMS ta??

    BalasHapus
  4. budi: membaca dapat menambah wawasan, menulis mempertajam analisa dan dengan diskusi dapat membuka cakrawala.... you need friends to discuss about your mind..... tentu dengan orang yang tepat.. he.... sok tau... maybe lo mase....
    maspriyatno: ketemu juga?? sebelumnya nyari2?? maaf ini sapa yak??... heee... salam kenalll.... nggeh UMS..

    BalasHapus